Saturday, March 5, 2016

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Dalam beberapa hari mendatang, tepatnya pada 9 Maret 2016, Indonesia akan mengalami fenomena gerhana matahari total.

Gerhana tersebut akan terjadi di sekitar Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara).

Wilayah yang berada diluar jalu masih dapat melihat Hanya saja, gerhana yang dilihat tampak sebagian. Puncak gerhana akan terjadi wilayah barat sekitar 07.20 WIB, wilayah tengah sekitar 08.35 WITA dan wilayah timur sekitar 09.50 WIT.

Tentunya, banyak orang yang ingin mengabadikan momen langka seperti ini namun melihat matahari secara langsung memang dapat memberikan dampak yang berisiko untuk kesehatan mata Anda.

Becakpedia akan mengajak Anda untuk melakukan cara-cara aman untuk mengambil foto gerhana matahari dengan kamera kesayangan Anda. Simak tips-nya berikut ini.

1. Jangan Lihat dengan Mata Telanjang


Ketika gerhana matahari tengah terjadi, jangan lihat sinar gerhana tersebut secara langsung. Memang efeknya tidak akan langsung terasa tapi efeknya akan terasa beberapa hari kemudian

Efek sinar matahari dapat membakar titik pusat di bagian retina dan memberikan efek 'after image'. Hal ini sangat berbahaya dan membuat Anda kesulitan untuk melihat sekitar. Hal ini juga diperkuat oleh salah satu data yang dilaporkan Rumah Sakit Mata Moorfields mengenai kasus gerhana tahun 1999


2. Gunakan Kacamata Pelindung

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Kacamata pelindung gerhana matahari akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet dan sinarinfrared yang berbahaya.

Disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung dengan sertifikasi 'CE-Approved'. Jika menggunakan kacamata gelap biasa di khawatirkan tidak dapat melindungi mata anda dari efek gerhana.

3. Lihat Gerhana Lewat Kamera atau Smartphone

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Berhati-hatilah ketika Anda mencoba untuk melihat gerhana tetap gunakan kacamata pelindung ketika Anda sedang mengambil foto gerhana setidaknya hal dapat melindungi mata anda dari sinar gerhana.

4. Boleh Selfie, Asal Membelakangi Gerhana


Semua orang pasti dapat melakukan selfie kapanpun dan di manapun. tetapi pada saat momen gerhana matahari, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan foto selfie bersama teman-teman di depan gerhana matahari secara langsung.

Jika Anda ingin tetap mengabadikan diri Anda dengan momen gerhana matahari, setidaknya coba lakukan selfie dengan membelakangi gerhana. Hasilnya memang tidak akan terlihat secara jelas karena wajah Anda akan terkena backlight dan menjadi gelap. Namun akan menghasilnya efek foto silhouette yang membelakangi sinar gerhana matahari.

5. Gunakan Kamera dengan Fitur Optical Zoom

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Abadikan momen gerhana matahari dengan kamera yang memiliki fitur optical zoom. Anda bisa mengambil foto gerhana yang indah dengan memakai fitur zoom sampai 12 kali, di mana Anda tidak akan menemukan fitur ini di smartphone pada umumnya.

6. Gunakan Lensa 'Astrosolar'

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Untuk menghindari silaunya sinar gerhana matahari yang begitu intens, ada baiknya Anda melindungi kamera dengan lensa astrosolar. Mengutip laman Mirror, Jumat (22/1/2016), Lensa ini dapat melindungi kamera Anda dengan mengurangi sinar yang datang ke kamera dan tentunya dapat mempertajam image gerhana matahari yang Anda abadikan lewat kamera.

7. Lakukan Cara Unik Mengambil Foto Gerhana

Tips Mengabadikan Foto Gerhana Matahari Total

Jika Anda mengabadikan momen gerhana matahari dengan kamera smartphone, Anda tidak akan mendapatkan hasil foto gerhana matahari secara maksimal.

Referensi dari Liputan6.com dan Mirror

Load disqus comments

4 komentar