Monday, June 19, 2017

Perbedaan Soft Subtitle dan Hard Subtitle

Perbedaan Soft Subtitle dan Hard Subtitle
Pada film subtitle digunakan untuk memberikan keterangan tambahan, biasanya sih keterangan bahasa atau terjemahan, tujuannya supaya mempermudah penonton dalam mengartikan bahasa dari film tersebut entah itu bahasa inggris, korea, jepang dll.

Jika dikulik lebih dalam lagi, tujuan dan macam subtitle itu banyak tetapi saya cuma akan membahas tentang perbedaan Hard Sub dan Soft Sub saja, apa itu perbedaannya yuk mari kita simak.

a. Soft Subtitle


Softsub adalah subtitle yang berupa teks petunjuk yang terpisah dari frame video yang ditampilkan selama pemutaran video.

Softsub sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu Subtitle Internal dan External :

1. Subtitle Internal merupakan subtitle yang file subtitle nya berada di dalam video, dimana file subtitle digabung dengan file video sehingga menjadi satu, sebenarnya bukan bergabung tetapi file subtitle hanya menempel pada video saja.

Sederhananya dalam 1 file video terdapat 2 file yaitu:
-file video, dan
-file subtitle

Pada proses pembuatannya seorang translator (penerjemah) bertugas menulis terjemahan (membuat subtitle) > setelah itu mereka akan menyimpan file subtitle tersebut > lalu mereka akan mulai menempelkan file subtite pada video dengan cara di muxing, setelah di muxing subtitle akan menempel pada video.

Subtitle jenis ini memungkinkan untuk di edit dan di copot dari video walaupun memerlukan bantuan aplikasi semacam MKVtoolnix. Subtitle seperti ini biasa dijumpai di fansub-fansub anime.

2. Subtitle External merupakan subtitle yang file subtitle nya berada di luar video, dimana file subtitle nya terpisah dengan video, biasanya file video dan file subtitle di letakkan dalam 1 folder yang sama.

Pada proses pembuatannya seorang translator (penerjemah) bertugas menulis terjemahan (membuat subtitle) > setelah itu mereka akan menyimpan file subtitle tersebut, tanpa perlu di muxing.

Dengan begitu kalian bisa leluasa untuk memilih subtitle yang akan digunakan.

2. Subtitle External merupakan subtitle yang file subtitle nya berada di luar video, dimana file subtitle nya terpisah dengan video, biasanya file video dan file subtitle di letakkan dalam 1 folder yang sama.

b. Hard Subtitle


Hardsub adalah subtitle yang menjadi satu dengan frame video yang ditampilkan dan tidak bisa diedit lagi

Pada proses pembuatannya seorang translator bertugas menulis terjemahan (membuat subtitle) > lalu menyimpan file subtitle yang telah dibuat > setelah itu, file subtitle di muxing dengan video sehingga subtitle akan menempel pada video > setelah di muxing video akan di rendering sehingga subtitle dan video akan menjadi satu alias permanen.

Jika subtitle sudah menyatu dengan video maka subtitle tidak akan bisa dicopot karena subtitle dan video sudah menjadi satu kesatuan alias permanen, berbeda denga Softsub dimana subtitle hanya menempel pada video saja.

Perbedaan mencoloknya berada pada proses Rendering, inilah yang dinamakan Hardsub.



c. Kesimpulan


1. Berdasarkan proses pembuatannya:

a.Soft sub
Internal dibuat dengan urutan membuat file subtitle > muxing > beres.
External dibuat dengan urutan membuat file subtitle > beres.
b.Hard sub
dibuat dengan urutan membuat file subtitle > muxing > renderingberes.

2. Berdasarkan pengertiannya:

a.Soft sub adalah subtitle yang hanya menempel pada video saja dimana subtitle dan video tidak benar-benar menyatu atau semi permanen dan masih bisa dipisahkan dari video, sedangkan
b.Hard sub adalah subtitle yang benar-benar menyatu dengan video atau permanen dan tidak bisa dipisahkan lagi karena sudah menjadi satu kesatuan.

Itu dia perbedaan Hardsub dan Softsub berdasarkan info yang saya baca dan pengalaman saya sendiri.

Bagaiamana dengan kalian apakah kalian sudah mengerti ? jika belum kalian bisa bertanya lebih dalam lagi, atau kalian punya pengertian yang lebih ajib lagi? Mari berkomentar.
Load disqus comments

0 komentar